Makalah Kawasaki



KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini.
Adapun laporan ini kami buat untuk mendokumentasikan pengalaman kami sewaktu mengikuti kunjungan industri di PT Kawasaki Motor Indonesia. Laporan ini didalamnya memuat beberapa informasi tentang PT Kawasaki Motor Indonesia. Tujuan kami membuat laporan ini adalah untuk mengenalkan kepada para pembaca agar lebih memahami perkembangan PT Kawasaki Motor Indonesia.
Kami juga ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan ini.
Akhirnya sesuai kata orang bijak,”tidak ada yang sempurna dalam hidup ini”. Oleh karena itu, kami menerima saran dan kritik dari pembaca untuk lebih memperbaiki laporan ini.


Februari 2017

        Tim Penyusun












































BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kawasaki, sebagai suatu pabrikan besar asal Jepang yang turut mengembangkan produknya di Indonesia pada tahun 1980. Awalnya, pabrikan Kawasaki di Indonesia dari group Kawasaki Heavy Industry (KHI), menggunakan nama PT. Bintang Terang pada awal tahun 1980, yang lebih dikenal dengan istilah "Binter". Demikian juga produk Kawasaki di Indonesiapun diberi label Binter pada setiap produknya.
Pada tahun 1984 atau 1985, Kawasaki menutup usaha "Binter" nya di Indonesia, karena sebuah kasus pemilik PT. Bintang Terang, Eddy Tanzil yang buron ke luarnegeri. Baru pada tahun 1996, Kawasaki kembali berkiprah dengan nama PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), dan tidak menggunakan nama "Binter" lagi.
Sebenarnya Kawasaki di Indonesia memproduksi berbagai type sepeda motor, dari motor jenis sport, touring hingga ke jenis bebek. Sesuai judul postingan di atas, kita membahas berbagai jenis motor sport-touring atau motor sport jantan Kawasaki.

B.     Rumusan Masalah
1.        Bagaimana sejarah motor Kawasaki ?
2.        Bagaimana company profile PT Kawasaki Motor Indonesia?
3.        Apa saja produk  sepeda motor Kawasaki ?
4.        Bagaimana proses produksi motor Kawasaki ?
5.        Bagaimana cara pemasaran motor Kawasaki ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Sejarah Motor Kawasaki

Sejarah Kawasaki dimulai tahun 1878 ketika Shozo Kawasaki mendirikan perusahaan di Tokyo. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pembangunan kapal. Pada 1881, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Sampai dengan Perang Dunia II, Kawasaki juga memproduksi pesawat, lokomotif, misil, kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation.
Pada 1949, Kawasaki memutuskan untuk terjun ke industri motor dengan memproduksi mesin motor bekerja sama dengan BMW Jerman (yang sebelumnya bekerja sama juga dalam memproduksi pesawat terbang.

Inilah sekilas sejarah motor Kawasaki
1949
Para insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada 1949. Tahun 1952 desain mesin KE-1 selesai dibuat dan diproduksi massal mulai tahun 1953. Mesin berpendingin udara, 148cc, OHV, 4 tak ini memiliki power maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.

1954
Kawasaki memproduksi sepeda motor utuh dengan nama Meihatsu 125 Deluxe dengan mengusung mesin KB-5. Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya saat itu. Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 km tanpa henti dan tidak mengalami kerusakan.

1960
Kawasaki mengambil alih pabrik motor Meguro, salah satu pabrikan motor Jepang pada waktu itu. Meguro merupakan satu-satunya pabrikan Jepang yang membuat motor 500cc 4 tak (waktu itu). Meguro bahkan lebih senior daripada Honda, Yamaha dan Suzuki. Pada 1962, namanya diubah menjadi Kawasaki Motorcycles.

1961
Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh pertamanya, sejak mengakuisisi Meguro, dengan nama B8 bermesin 125 cc 2 tak.
1962
Kawasaki merilis motor-motor 2 taknya yang memiliki kapasitas mesin 50-250 cc dengan nama Samurai.

1966
Kawasaki memproduksi motor W1 650. Ini motor Jepang pertama yang memiliki cc besar. Mengandalkan mesin 647cc, 4 tak, 2 silinder paralel, berpendingin udara, dengan power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM. Motor ini diadaptasi dari British Bike BSA A7.
Motor ini dikembangkan tahun 1967 menjadi W1SS dengan perubahan pada exhaust muffler. Motor W1 ini terus dikembangkan menjadi W2SS dengan double karburator. Pada 1973 lahir W3 dengan dual disc front brake. Produksi W series ini discontinue pada 1974.

1969
Kawasaki juga mengembangkan H1 dengan mesin 500 cc, 3 silinder, 2 tak. H1 juga dikenal dengan nama Mach III. H1 merupakan motor produksi massal yang terkencang untuk drag race ¼ mil. Dirilis juga H1R 500 cc untuk keperluan balap.
Pada saat yang sama, Kawasaki juga mengembangkan seri S1 bermesin 250 cc dan S2 dengan mesin 350 cc.

1972
Kawasaki merilis motor cc besar yaitu H2 atau Mach IV bermesin 750 cc 2 tak.

1973
Kawasaki memproduksi motor 4 tak pertamanya sesudah W series dengan merilis Z1 903 cc dengan DOHC. Motor ini yang di kemudian hari menjadi cikal bakal Kawasaki Z-1000.

1974
Kawasaki mulai memproduksi motor dengan cc yg lebih kecil. Waktu itu ada A1 Samurai bermesin 250 cc dan A7 Avenger 350 cc. Produk-produk ini cukup sukses di pasaran dibandingkan W series.

1978
Motor Kawasaki dengan big-bore diperkenalkan, yaitu KZ-1300 berpendingin air, 6 silinder dan berpenggerak gardan. KZ-1300 kemudian dikembangkan dengan digital fuel injection dan dengan versi full touring fairing dan diberi nama Voyager. Dipasarkan dengan moto "a car without doors).

1983
Motor berpendingin air 4 silinder, DOHC, 16 valves, 908 cc dengan nama GPZ900R Ninja diperkenalkan di Laguna Seca. Catat: inilah motor pertama Kawasaki yang diberi nama NINJA. Tahun 1984, namanya tercatat di buku rekor sebagai motor terkencang (waktu itu). Kelak motor ini akan digantikan oleh Kawasaki ZZ-R1100.

1989
ZXR yang pertama lahir dengan mesin 750 cc dan 400 cc.

 

PT Kawasaki Motor Indonesia

PT Kawasaki Motor Indonesia didirikan pada tanggal 18 Februari 1994 sebagai perusahaan joint venture antara Kawasaki Heavy Industries, Ltd. – Jepang dengan salah satu perusahaan di Indonesia yaitu PT Sumber Selatan Nusa. Bisnis perusahaan bergerak dibidang kendaraan beroda dua dengan merek Kawasaki. Produksi pertama dimulai pada Maret 1995.diikuti dengan penjualan unit, spare part serta fasilitas servis. PT Kawasaki Motor Indonesia yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading, Jakarta Utara memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi komponen motor. Kapasitas produksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit bisnis: industry otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.
Dengan mengacu pada filosofi “Marching On To Unlimited Improvement” semangat juang dan kerja sama yang kukuh anatara manajemen, pekerja, dan serikat buruh PT Kawasaki Motor Indonesia berencana untuk menjadi perusahaan terbaik dalam kualitas, produktivitas, dan disiplin. Untuk meraih target-target tersebut, beberapa upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan iyalah sebagai berikut: Mengaplikasikan system produksi Kawasaki yang didasari oleh konsep “Just in time” dengan melakukan pengendalian visualuntuk meminimalisir pekerjaan yang tidak bermanfaat dan mengatur persediaan barang dengan mengikuti paham 5 S  (Seiri / Arrangemen, Seiton / Order, Seiso / Clean, Seiketsu / Cleanliness,   Shitsuke/ Dicipline). Prosedur standar operasi digunakan dalam proses komponen, sparepart motor dan trial, hal ini bertujuan agar memudahkan dalam maintaining.
System ON THE JOB TRAINING dengan menempatkan para pekerja secara periodic ke KHI Japan yang bertujuan untuk menggarap skill/kemampuan para pekerja agar menjadi lebih baik lagi.
Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit setahun dengan tenaga kerja 1.600 orang. Tanigawa mengatakan pabrik ini dibangun untuk menampung lonjakan permintaan sepeda motor sport kelas Premium di Indonesia, seiring meningkatnya pendapatan kelas menengah.    
Di pabrik ini, KMI akan merakit empat jenis sepeda motor, yakni Ninja RR Mono, KLX 150S, KLX150L, dan D-Tracker150. Pabrik ini dilengkapi fasilitas pengelasan, pengecatan bagian besi dan plastik, perakitan rangka dan mesin serta fasilitas pengujian.
Sebelumnya, Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat mengatakan pabrik tersebut akan memproduksi motor Kawasaki Ninja. Dia mengatakan pabrik baru yang mendapat investasi Rp 1 triliun itu diresmikan di Bekasi, Jawa Barat
Hidayat mengatakan pabrik sebenarnya telah berproduksi sejak 1,5 tahun lalu. Produksi Kawasaki Ninja di pabrik tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. Tapi Kawasaki menjanjikan akan ekspor ke Belanda, Eropa, dan Amerika Serikat pada tahun berikutnya atau setahun setelah produksi berjalan.

 

B.     Company Profile

·           Company Name: PT. Kawasaki Motor Indonesia
·           Address: Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara 14250 Indonesia
o     Telp : (62-21) 452 3322
o     Fax  : (62-21) 452 3566
·           Established Date: February 18th, 1994
·           Start Commercial Production : March 23th,1995
·           Business: Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and accessories
·           Shareholders: Kawasaki Heavy Industries, Ltd. 83%
PT. Sumber Selatan Nusa 17%
·           Board of Directors:
o     President Director: Y. Tanigawa
o     Director: Janto Boedihardjo
o     Director: Mitsuhiko Okada
·           Bank Account:
o     Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
o     Bank Mizuho Indonesia
o     Bank Sumitomo Indonesia
o     Lippo Bank
o     Mandiri Bank
·           Employees: 821 persons of April 2009

C.    Produk  Sepeda Motor Kawasaki

·            Motor bebek
1.        Kawasaki Kaze R
2.        Kawasaki Blitz R
3.        Kawasaki Blitz Joy
4.        Kawasaki Kaze Zone
5.        Kawasaki Edge
6.        Kawasaki ZX130
7.        Kawasaki Athlete 125

·            Motor sport
1.        Kawasaki KZ200 Binter Merzy
2.        Kawasaki Ninja S/R150
3.        Kawasaki Ninja RR150
4.        Kawasaki Ninja 250R
5.        Kawasaki New Ninja 250 FI
6.        Kawasaki Z250
7.        Kawasaki Ninja 250RR Mono
8.        Kawasaki Z250SL
9.        Kawasaki ER-6n
10.    Kawasaki Ninja 650/ER-6f
11.    Kawasaki ZX-6R
12.    Kawasaki Z800
13.    Kawasaki Versys
14.    Kawasaki Ninja 1000
15.    Kawasaki ZX-14R

·            Motor off road/motocross/trail
1.        Kawasaki D-Tracker 150
2.        Kawasaki D-Tracker X
3.        Kawasaki KLX250
4.        Kawasaki KLX150L
5.        Kawasaki KLX150S
6.        Kawasaki KX250F
7.        Kawasaki KX65
8.        Kawasaki KX85
9.        Kawasaki KSR110

·            Kerja sama dengan Bajaj Auto
1.        Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS

D.    Proses Produksi

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia maupun di dunia yang telah menerapkan konsep-konsep manajemen dengan pendekatan baru untuk meningkatkan daya saingnya, misalnya dengan Just in Time (JIT), Total Quality Management (TQM), International Standard Organization (ISO), dan lain sebagainya. Semua konsep diatas tentunya mempunyai tujuan yang baik dan dipilih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Oleh karena itu perlu, adanya penanaman konsep perubahan budaya sebelum menerapkan konsep-konsep tersebut diatas, yaitu 5S. Pendekatan ini memang dikembangkan di Jepang dan merupakan salah satu kunci sukses untuk mentransformasi sebuah perusahaan menajdi perusahaan kelas dunia.
Mulai pada pertengahan tahun 2008 yang lalu PT. Kawasaki Motor Indonesia mulai memperkenalkan konsep 5S kepada seluruh karyawan/ti-nya dengan dibentuknya sebuah committee khusus yang bertugas untuk memperkenalkannya melalui pelatihan, membuat rencana implementasi dan pengembangannya, mengawasi pelaksanaanya, melakukan audit atau penilaian terhadap masing-masing bagian, dan memberikan masukan & melaporkan hasil kerjanya kepada manajemen.
Apa itu 5S?
  • 5S adalah proses perubahan sikap
  • 5S adalah membiasakan diri bekerja dengan standar
  • 5S adalah huruf awal dari lima kata bahasa jepang; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.
  • 5S adalah konsep yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
  • 5S adalah konsep yang sangat mendasar atau ‘back to basic’.

Apa itu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke?
  • SEIRI: “RINGKAS”, pisahkan yang perlu dan tidak perlu dan singkirkan yang tidak diperlukan
  • SEITON: “RAPI”, atur sesuai kebutuhan untuk memudahkan control visual.
  • SEISO: “RESIK”, bersihkan tempat kerja dan pastikan bahwa pekerjaan “membersihkan” merupakan suatu kebiasaan.
  • SEIKETSU: pastikan 5S diatas dijalankan dan buat standar yang jelas
  • SHITSUKE: taat menjalankan 5S terus menerus dan selalu melakukan perbaikan.
Manajemen PT. Kawasaki Motor Indonesia mempunyai objektif agar 5S ini menjadi budaya kerja di lingkungan perusahaan dan sangat berharap rekan-rekan Main Dealer di seluruh Indonesia bias menerapkan juga budaya ini mulai dari induk perusahaannya sampai dengan outlet atau shop yang paling kecil.

E.     Pemasaran

Di Indonesia, selama ini kawasaki memang dikenal sebagai merek motor sport, khususnya melalui merek motor Ninja. Meski begitu, kawasaki berharap dapat memposisikan diri berbeda dengan penyedia motor sport lain. Citra premium inilah yang akan ditekankan untuk memposisikan diri berbeda dari merek motor sport lain. Sebagai gambaran, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, pangsa pasar kawasaki di pasar motor sport Indonesia saat ini masih 14% alias menempati posisi ketiga setelah Yamaha dan Honda. Sementara itu, di pasar penjualan motor secara keseluruhan, pangsa pasar kawasaki cuma 2%. Nah, demi memantapkan posisinya di pasar, mereka memilih memperkuat brand image kawasaki sebagai motor premium.
Dalam rangka memperkuat citra tersebut, kawasaki telah membuat sejumlah rencana pembenahan diri sejak akhir tahun lalu. Setidaknya, ada empat pembenahan utama yang tengah berlangsung hingga tahun depan.
Pertama, Kawasaki akan mendandani ulang seluruh diler miliknya dengan konsep khusus. Selama ini tampilan diler kawasaki di seluruh Indonesia sama dan memiliki standar laiknya diler motor maupun mobil merek lain. Nah, kawasaki akan mengubah konsep tersebut, yaitu mendandani setiap diler dengan konsep tertentu. Misalnya, ada diler berkonsep futuristik, retro, modern, dan sebagainya. Selain dekorasi yang menarik, bagian dalam diler dilengkapi dengan kafe dan lounge bagi pelanggannya. Dengan begitu, bisa memberikan nuansa serta pengalaman baru dan berbeda bagi setiap pengunjung diler kawasaki.
Selain mendandani tampilan, kawasaki juga melengkapi beberapa diler dengan peralatan uji, antara lain dyno test. Dus, pelanggan dapat melihat langsung pengetesan tenaga dan kecepatan motornya setelah diservis. Tak cuma itu, suasana, layanan dan pakaian para petugas juga diperbaiki. Untuk mengubah perwajahan diler tersebut, kawasaki menggelontorkan banyak modal. Setiap diler butuh dana sekitar Rp 1 miliar untuk mengubah konsepnya. Kawasaki menggunakan jasa desainer ternama di Jakarta plus desainer dari Jepang. Saat ini kawasaki punya 260 diler yang tersebar di Indonesia. Jadi, total dana yang dibutuhkan untuk hajatan itu sekitar Rp 260 miliar.
Kedua, membenahi layanan purnajual, khususnya terkait sistem pengecekan secara online untuk ketersediaan suku cadang.  Sejak awal 2013 sering menerima keluhan dari konsumen mengenai suku cadang kawasaki yang susah didapat dan pengadaannya terbilang lama. Makanya, kawasaki akan membuat sistem stock online yang terintegrasi dengan seluruh diler kawasaki di Indonesia. Jadi, diler bisa mengetahui ketersediaan suku cadang di kantor pusat. Begitu pula pihak kantor pusat dapat memantau stok seluruh diler agar tidak muncul lagi keluhan pelanggan soal kelangkaan suku cadang. Sistem pengecekan stok secara online ini sudah dimulai akhir 2013 dan diharapkan selesai tahun depan. Tak cuma itu, manajemen kawasaki berencana terjun langsung ke diler untuk mengecek ketersediaan stok. Sehingga, pelanggan bakal merasa lebih aman, yakin, dan pasti atas ketersediaan suku cadangnya.
Ketiga, kawasaki berencana meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui pendekatan dengan komunitas-komunitas pecinta motor kawasaki. Hingga kini, ada ratusan nama klub atau komunitas motor kawasaki, khususnya motor Ninja. Anggota komunitas ini sudah mencapai puluhan ribu orang. Sebagai contoh, komunitas yang terbesar di Indonesia adalah kawasaki Ninja Indonesia (KNI), yang memiliki banyak anak dan cabang. Di Jakarta saja, misalnya, ada sekitar 45 cabang KNI. Komunitas maupun klub tersebut selama ini belum dirangkul secara baik oleh kawasaki lantaran hanya membuat acara dan menjalin komunikasi langsung dengan diler. Nah, mulai awal tahun ini, kawasaki akan mengadakan kegiatan rutin dengan komunitas. Misalnya, setiap minggu digelar acara hangout dengan komunitas yang diadakan langsung oleh kawasaki.
Keempat, kawasaki berencana meningkatkan keahlian maupun kepribadian mekanik dan karyawan kawasaki di seluruh diler. Untuk itu, mereka rajin menggelar pelatihan keterampilan dan cara melayani konsumen secara lebih ramah Apalagi, untuk kelas premium, yang dituntut dari seorang mekanik bukan cuma keahliannya tapi juga kepribadiannya dalam melayani pelanggan. Untung Leonardus, salah seorang pengguna kawasaki, menilai layanan purnajual kawasaki terasa lebih baik saat ini dibandingkan dengan diler motor lain. Misalnya, pelayanannya cukup ramah. Yang lebih penting, kawasaki lebih memperhatikan dan membina konsumennya dengan membuat kartu keanggotaan atau memberi informasi secara berkala terkait motor sport, variasi, dan perawatannya.
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kawasaki harus berusaha keras mengubah pandangan atau mindset konsumennya, maupun masyarakat umumnya di Indonesia. Menurut Daniel, membangun atau merebut mindset masyarakat membutuhkan program yang berkelanjutan. Dengan begitu, secara perlahan dan dalam jangka panjang bakal tercipta citra yang melekat di benak konsumen terhadap produk tersebut.
Strategi Kawasaki membenahi tampilan dan fasilitas diler serta sistem ketersediaan sukucadangnya sudah baik untuk membuat konsumen merasakan suasana yang lebih baik. Namun, di luar itu, ada dua strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengubah mindset masyarakat dan konsumen terhadap suatu brand.
Pertama, melakukan promosi yang digabungkan dengan komunikasi pemasaran yang sesuai dengan segmen yang ingin dibidiknya. Salah satu caranya adalah menunjuk duta merek atau brand ambassador yang sesuai dengan definisi citra yang ingin dibangun.
Kedua, menunjukkan diferensiasi atau keunikan produknya. Jangan lupa, cek juga posisi pesaing, apakah produk Kawasaki bisa unggul di satu hal dibandingkan dengan pesaingnya.
Cukup sekian laporan yang kami buat, jika anda memiliki saran atau kritik yang membangun silahkan untuk menulis disini.

B.     Saran/Kritik




1 comment:

  1. BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    sabung ayam online

    sajian link bolavita terbaru

    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Line : bolavita
    WA : +6281377055002
    BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA

    ReplyDelete