KATA PENGANTAR
Puji syukur
atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kami,
sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini.
Adapun laporan
ini kami buat untuk mendokumentasikan pengalaman kami sewaktu mengikuti
kunjungan industri di PT Kawasaki Motor Indonesia. Laporan ini didalamnya
memuat beberapa informasi tentang PT Kawasaki Motor Indonesia. Tujuan kami
membuat laporan ini adalah untuk mengenalkan kepada para pembaca agar lebih
memahami perkembangan PT Kawasaki Motor Indonesia.
Kami juga ingin
menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
telah membantu kami dalam pembuatan laporan ini.
Akhirnya sesuai
kata orang bijak,”tidak ada yang sempurna dalam hidup ini”. Oleh karena itu,
kami menerima saran dan kritik dari pembaca untuk lebih memperbaiki laporan
ini.
Februari 2017
Tim
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kawasaki,
sebagai suatu pabrikan besar asal Jepang yang turut mengembangkan produknya di
Indonesia pada tahun 1980. Awalnya, pabrikan Kawasaki di Indonesia dari group
Kawasaki Heavy Industry (KHI), menggunakan nama PT. Bintang Terang pada awal
tahun 1980, yang lebih dikenal dengan istilah "Binter". Demikian juga
produk Kawasaki di Indonesiapun diberi label Binter pada setiap produknya.
Pada tahun 1984 atau 1985, Kawasaki menutup
usaha "Binter" nya di Indonesia, karena sebuah kasus pemilik PT.
Bintang Terang, Eddy Tanzil yang buron ke luarnegeri. Baru pada tahun 1996,
Kawasaki kembali berkiprah dengan nama PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), dan
tidak menggunakan nama "Binter" lagi.
Sebenarnya Kawasaki di Indonesia memproduksi
berbagai type sepeda motor, dari motor jenis sport, touring hingga ke jenis
bebek. Sesuai judul postingan di atas, kita membahas berbagai jenis motor
sport-touring atau motor sport jantan Kawasaki.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana sejarah motor Kawasaki ?
2.
Bagaimana company profile PT Kawasaki Motor Indonesia?
3.
Apa saja produk sepeda motor Kawasaki ?
4.
Bagaimana proses produksi motor Kawasaki ?
5.
Bagaimana cara pemasaran motor Kawasaki ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Motor Kawasaki
Sejarah Kawasaki dimulai tahun 1878 ketika
Shozo Kawasaki mendirikan perusahaan di Tokyo. Perusahaan ini bergerak dalam
bidang pembangunan kapal. Pada 1881, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo
dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki
Shipyard Corp. Sampai dengan Perang Dunia II, Kawasaki juga memproduksi
pesawat, lokomotif, misil, kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia
II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki
Steel Corporation.
Pada 1949, Kawasaki memutuskan untuk terjun ke
industri motor dengan memproduksi mesin motor bekerja sama dengan BMW Jerman
(yang sebelumnya bekerja sama juga dalam memproduksi pesawat terbang.
Inilah
sekilas sejarah motor Kawasaki
1949
Para
insinyur dan teknisi pesawat terbang mulai membangun KE (Kawasaki Engine) pada
1949. Tahun 1952 desain mesin KE-1 selesai dibuat dan diproduksi massal mulai
tahun 1953. Mesin berpendingin udara, 148cc, OHV, 4 tak ini memiliki power
maksimal sebesar 4 PS pada 4,000 rpm.
1954
Kawasaki
memproduksi sepeda motor utuh dengan nama Meihatsu 125 Deluxe dengan mengusung
mesin KB-5. Motor ini mampu melaju 81.5 kpj, rekor baru di kelasnya saat itu.
Dalam tes yang lain, mesinnya mampu melaju lebih dari 50,000 km tanpa henti dan
tidak mengalami kerusakan.
1960
Kawasaki
mengambil alih pabrik motor Meguro, salah satu pabrikan motor Jepang pada waktu
itu. Meguro merupakan satu-satunya pabrikan Jepang yang membuat motor 500cc 4
tak (waktu itu). Meguro bahkan lebih senior daripada Honda, Yamaha dan Suzuki.
Pada 1962, namanya diubah menjadi Kawasaki Motorcycles.
1961
Kawasaki
Motorcycles memproduksi motor utuh pertamanya, sejak mengakuisisi Meguro,
dengan nama B8 bermesin 125 cc 2 tak.
1962
Kawasaki
merilis motor-motor 2 taknya yang memiliki kapasitas mesin 50-250 cc dengan
nama Samurai.
1966
Kawasaki
memproduksi motor W1 650. Ini motor Jepang pertama yang memiliki cc besar.
Mengandalkan mesin 647cc, 4 tak, 2 silinder paralel, berpendingin udara, dengan
power maksimum 47 dk pada 6.500 RPM. Motor ini diadaptasi dari British Bike BSA
A7.
Motor
ini dikembangkan tahun 1967 menjadi W1SS dengan perubahan pada exhaust muffler.
Motor W1 ini terus dikembangkan menjadi W2SS dengan double karburator. Pada
1973 lahir W3 dengan dual disc front brake. Produksi W series ini discontinue
pada 1974.
1969
Kawasaki
juga mengembangkan H1 dengan mesin 500 cc, 3 silinder, 2 tak. H1 juga dikenal
dengan nama Mach III. H1 merupakan motor produksi massal yang terkencang untuk
drag race ¼ mil. Dirilis juga H1R 500 cc untuk keperluan balap.
Pada
saat yang sama, Kawasaki juga mengembangkan seri S1 bermesin 250 cc dan S2
dengan mesin 350 cc.
1972
Kawasaki
merilis motor cc besar yaitu H2 atau Mach IV bermesin 750 cc 2 tak.
1973
Kawasaki
memproduksi motor 4 tak pertamanya sesudah W series dengan merilis Z1 903 cc
dengan DOHC. Motor ini yang di kemudian hari menjadi cikal bakal Kawasaki
Z-1000.
1974
Kawasaki
mulai memproduksi motor dengan cc yg lebih kecil. Waktu itu ada A1 Samurai
bermesin 250 cc dan A7 Avenger 350 cc. Produk-produk ini cukup sukses di
pasaran dibandingkan W series.
1978
Motor
Kawasaki dengan big-bore diperkenalkan, yaitu KZ-1300 berpendingin air, 6
silinder dan berpenggerak gardan. KZ-1300 kemudian dikembangkan dengan digital
fuel injection dan dengan versi full touring fairing dan diberi nama Voyager.
Dipasarkan dengan moto "a car without doors).
1983
Motor
berpendingin air 4 silinder, DOHC, 16 valves, 908 cc dengan nama GPZ900R Ninja
diperkenalkan di Laguna Seca. Catat: inilah motor pertama Kawasaki yang diberi
nama NINJA. Tahun 1984, namanya tercatat di buku rekor sebagai motor terkencang
(waktu itu). Kelak motor ini akan digantikan oleh Kawasaki ZZ-R1100.
1989
ZXR yang
pertama lahir dengan mesin 750 cc dan 400 cc.
PT Kawasaki Motor Indonesia
PT Kawasaki Motor Indonesia didirikan pada
tanggal 18 Februari 1994 sebagai perusahaan joint venture antara Kawasaki Heavy
Industries, Ltd. – Jepang dengan salah satu perusahaan di Indonesia yaitu PT
Sumber Selatan Nusa. Bisnis perusahaan bergerak dibidang kendaraan beroda dua
dengan merek Kawasaki. Produksi pertama dimulai pada Maret 1995.diikuti dengan
penjualan unit, spare part serta fasilitas servis. PT Kawasaki Motor Indonesia
yang bertempat di Jl. Perintis Kemerdekaan Kelapa Gading, Jakarta Utara
memiliki dua kegiatan utama yaitu merakit dan memproduksi komponen motor.
Kapasitas produksi menghasilkan 200.000 unit pertahunnya. Unit bisnis: industry
otomotif, perakitan sepeda motor termasuk komponennya.
Dengan mengacu pada filosofi “Marching On To
Unlimited Improvement” semangat juang dan kerja sama yang kukuh anatara
manajemen, pekerja, dan serikat buruh PT Kawasaki Motor Indonesia berencana
untuk menjadi perusahaan terbaik dalam kualitas, produktivitas, dan disiplin.
Untuk meraih target-target tersebut, beberapa upaya yang harus dilakukan secara
berkesinambungan iyalah sebagai berikut: Mengaplikasikan system produksi
Kawasaki yang didasari oleh konsep “Just in time” dengan melakukan pengendalian
visualuntuk meminimalisir pekerjaan yang tidak bermanfaat dan mengatur
persediaan barang dengan mengikuti paham 5 S (Seiri / Arrangemen, Seiton / Order, Seiso / Clean,
Seiketsu / Cleanliness, Shitsuke/
Dicipline). Prosedur standar operasi digunakan dalam proses komponen, sparepart
motor dan trial, hal ini bertujuan agar memudahkan dalam maintaining.
System ON THE JOB TRAINING dengan menempatkan
para pekerja secara periodic ke KHI Japan yang bertujuan untuk menggarap
skill/kemampuan para pekerja agar menjadi lebih baik lagi.
Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 150 ribu
unit setahun dengan tenaga kerja 1.600 orang. Tanigawa mengatakan pabrik ini
dibangun untuk menampung lonjakan permintaan sepeda motor sport kelas
Premium di Indonesia, seiring meningkatnya pendapatan kelas menengah.
Di pabrik ini, KMI akan merakit empat jenis sepeda motor, yakni
Ninja RR Mono, KLX 150S, KLX150L, dan D-Tracker150. Pabrik ini dilengkapi
fasilitas pengelasan, pengecatan bagian besi dan plastik, perakitan rangka dan
mesin serta fasilitas pengujian.
Sebelumnya, Menteri Perindustrian Mohamad
Suleman Hidayat mengatakan pabrik tersebut akan memproduksi motor Kawasaki Ninja.
Dia mengatakan pabrik baru yang mendapat investasi Rp 1 triliun itu diresmikan
di Bekasi, Jawa Barat
Hidayat mengatakan pabrik sebenarnya telah
berproduksi sejak 1,5 tahun lalu. Produksi Kawasaki Ninja di pabrik tersebut
akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik. Tapi Kawasaki menjanjikan
akan ekspor ke Belanda, Eropa, dan Amerika Serikat pada tahun berikutnya atau
setahun setelah produksi berjalan.
B. Company Profile
·
Company Name: PT. Kawasaki Motor Indonesia
·
Address: Jl. Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara
14250 Indonesia
o
Telp : (62-21) 452 3322
o
Fax : (62-21) 452 3566
·
Established Date: February 18th, 1994
·
Start Commercial Production : March 23th,1995
·
Business: Manufacturing two wheel motorcycles, component parts, and
accessories
·
Board of Directors:
o
President Director: Y. Tanigawa
o
Director: Janto Boedihardjo
o
Director: Mitsuhiko Okada
·
Bank Account:
o
Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ
o
Bank Mizuho Indonesia
o
Bank Sumitomo Indonesia
o
Lippo Bank
o
Mandiri Bank
·
Employees: 821 persons of April 2009
C. Produk Sepeda Motor Kawasaki
3.
Kawasaki Blitz Joy
4.
Kawasaki Kaze Zone
10.
Kawasaki Ninja 650/ER-6f
11.
Kawasaki
ZX-6R
12.
Kawasaki
Z800
13.
Kawasaki
Versys
14.
Kawasaki Ninja 1000
15.
Kawasaki
ZX-14R
·
Motor off road/motocross/trail
2.
Kawasaki D-Tracker X
4.
Kawasaki KLX150L
5.
Kawasaki KLX150S
6.
Kawasaki KX250F
7.
Kawasaki KX65
8.
Kawasaki KX85
D. Proses Produksi
Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia
maupun di dunia yang telah menerapkan konsep-konsep manajemen dengan pendekatan
baru untuk meningkatkan daya saingnya, misalnya dengan Just in Time (JIT),
Total Quality Management (TQM), International Standard Organization (ISO), dan
lain sebagainya. Semua konsep diatas tentunya mempunyai tujuan yang baik dan
dipilih sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang
bersangkutan.
Oleh karena itu perlu, adanya penanaman konsep
perubahan budaya sebelum menerapkan konsep-konsep tersebut diatas, yaitu 5S.
Pendekatan ini memang dikembangkan di Jepang dan merupakan salah satu kunci
sukses untuk mentransformasi sebuah perusahaan menajdi perusahaan kelas dunia.
Mulai pada pertengahan tahun 2008 yang lalu PT.
Kawasaki Motor Indonesia mulai memperkenalkan konsep 5S kepada seluruh
karyawan/ti-nya dengan dibentuknya sebuah committee khusus yang bertugas untuk
memperkenalkannya melalui pelatihan, membuat rencana implementasi dan
pengembangannya, mengawasi pelaksanaanya, melakukan audit atau penilaian
terhadap masing-masing bagian, dan memberikan masukan & melaporkan hasil
kerjanya kepada manajemen.
Apa itu
5S?
- 5S adalah proses perubahan sikap
- 5S adalah membiasakan diri bekerja dengan standar
- 5S adalah huruf awal dari lima kata bahasa jepang; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.
- 5S adalah konsep yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
- 5S adalah konsep yang sangat mendasar atau ‘back to basic’.
Apa itu
Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke?
- SEIRI: “RINGKAS”, pisahkan yang perlu dan tidak perlu dan singkirkan yang tidak diperlukan
- SEITON: “RAPI”, atur sesuai kebutuhan untuk memudahkan control visual.
- SEISO: “RESIK”, bersihkan tempat kerja dan pastikan bahwa pekerjaan “membersihkan” merupakan suatu kebiasaan.
- SEIKETSU: pastikan 5S diatas dijalankan dan buat standar yang jelas
- SHITSUKE: taat menjalankan 5S terus menerus dan selalu melakukan perbaikan.
Manajemen PT. Kawasaki Motor Indonesia
mempunyai objektif agar 5S ini menjadi budaya kerja di lingkungan perusahaan dan
sangat berharap rekan-rekan Main Dealer di seluruh Indonesia bias menerapkan
juga budaya ini mulai dari induk perusahaannya sampai dengan outlet atau shop
yang paling kecil.
E. Pemasaran
Di Indonesia, selama ini kawasaki memang
dikenal sebagai merek motor sport, khususnya melalui merek motor Ninja. Meski
begitu, kawasaki berharap dapat memposisikan diri berbeda dengan penyedia motor
sport lain. Citra premium inilah yang akan ditekankan untuk memposisikan diri
berbeda dari merek motor sport lain. Sebagai gambaran, berdasarkan data
Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia, pangsa pasar kawasaki di pasar motor
sport Indonesia saat ini masih 14% alias menempati posisi ketiga setelah Yamaha
dan Honda. Sementara itu, di pasar penjualan motor secara keseluruhan, pangsa
pasar kawasaki cuma 2%. Nah, demi memantapkan posisinya di pasar, mereka
memilih memperkuat brand image kawasaki sebagai motor premium.
Dalam rangka memperkuat citra tersebut, kawasaki
telah membuat sejumlah rencana pembenahan diri sejak akhir tahun lalu.
Setidaknya, ada empat pembenahan utama yang tengah berlangsung hingga tahun
depan.
Pertama,
Kawasaki akan mendandani ulang seluruh diler miliknya dengan konsep khusus.
Selama ini tampilan diler kawasaki di seluruh Indonesia sama dan memiliki
standar laiknya diler motor maupun mobil merek lain. Nah, kawasaki akan
mengubah konsep tersebut, yaitu mendandani setiap diler dengan konsep tertentu.
Misalnya, ada diler berkonsep futuristik, retro, modern, dan sebagainya. Selain
dekorasi yang menarik, bagian dalam diler dilengkapi dengan kafe dan lounge
bagi pelanggannya. Dengan begitu, bisa memberikan nuansa serta pengalaman baru
dan berbeda bagi setiap pengunjung diler kawasaki.
Selain mendandani tampilan, kawasaki juga
melengkapi beberapa diler dengan peralatan uji, antara lain dyno test. Dus,
pelanggan dapat melihat langsung pengetesan tenaga dan kecepatan motornya
setelah diservis. Tak cuma itu, suasana, layanan dan pakaian para petugas juga
diperbaiki. Untuk mengubah perwajahan diler tersebut, kawasaki menggelontorkan
banyak modal. Setiap diler butuh dana sekitar Rp 1 miliar untuk mengubah
konsepnya. Kawasaki menggunakan jasa desainer ternama di Jakarta plus desainer
dari Jepang. Saat ini kawasaki punya 260 diler yang tersebar di Indonesia.
Jadi, total dana yang dibutuhkan untuk hajatan itu sekitar Rp 260 miliar.
Kedua, membenahi
layanan purnajual, khususnya terkait sistem pengecekan secara online untuk
ketersediaan suku cadang. Sejak awal
2013 sering menerima keluhan dari konsumen mengenai suku cadang kawasaki yang
susah didapat dan pengadaannya terbilang lama. Makanya, kawasaki akan membuat
sistem stock online yang terintegrasi dengan seluruh diler kawasaki di
Indonesia. Jadi, diler bisa mengetahui ketersediaan suku cadang di kantor
pusat. Begitu pula pihak kantor pusat dapat memantau stok seluruh diler agar
tidak muncul lagi keluhan pelanggan soal kelangkaan suku cadang. Sistem
pengecekan stok secara online ini sudah dimulai akhir 2013 dan diharapkan
selesai tahun depan. Tak cuma itu, manajemen kawasaki berencana terjun langsung
ke diler untuk mengecek ketersediaan stok. Sehingga, pelanggan bakal merasa
lebih aman, yakin, dan pasti atas ketersediaan suku cadangnya.
Ketiga,
kawasaki berencana meningkatkan hubungan dengan konsumen melalui pendekatan
dengan komunitas-komunitas pecinta motor kawasaki. Hingga kini, ada ratusan
nama klub atau komunitas motor kawasaki, khususnya motor Ninja. Anggota
komunitas ini sudah mencapai puluhan ribu orang. Sebagai contoh, komunitas yang
terbesar di Indonesia adalah kawasaki Ninja Indonesia (KNI), yang memiliki
banyak anak dan cabang. Di Jakarta saja, misalnya, ada sekitar 45 cabang KNI.
Komunitas maupun klub tersebut selama ini belum dirangkul secara baik oleh
kawasaki lantaran hanya membuat acara dan menjalin komunikasi langsung dengan
diler. Nah, mulai awal tahun ini, kawasaki akan mengadakan kegiatan rutin
dengan komunitas. Misalnya, setiap minggu digelar acara hangout dengan
komunitas yang diadakan langsung oleh kawasaki.
Keempat,
kawasaki berencana meningkatkan keahlian maupun kepribadian mekanik dan
karyawan kawasaki di seluruh diler. Untuk itu, mereka rajin menggelar pelatihan
keterampilan dan cara melayani konsumen secara lebih ramah Apalagi, untuk kelas
premium, yang dituntut dari seorang mekanik bukan cuma keahliannya tapi juga
kepribadiannya dalam melayani pelanggan. Untung Leonardus, salah seorang
pengguna kawasaki, menilai layanan purnajual kawasaki terasa lebih baik saat
ini dibandingkan dengan diler motor lain. Misalnya, pelayanannya cukup ramah.
Yang lebih penting, kawasaki lebih memperhatikan dan membina konsumennya dengan
membuat kartu keanggotaan atau memberi informasi secara berkala terkait motor
sport, variasi, dan perawatannya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kawasaki
harus berusaha keras mengubah pandangan atau mindset konsumennya, maupun
masyarakat umumnya di Indonesia. Menurut Daniel, membangun atau merebut mindset
masyarakat membutuhkan program yang berkelanjutan. Dengan begitu, secara perlahan
dan dalam jangka panjang bakal tercipta citra yang melekat di benak konsumen
terhadap produk tersebut.
Strategi
Kawasaki membenahi tampilan dan fasilitas diler serta sistem ketersediaan
sukucadangnya sudah baik untuk membuat konsumen merasakan suasana yang lebih
baik. Namun, di luar itu, ada dua strategi yang bisa dilakukan perusahaan untuk
mengubah mindset masyarakat dan konsumen terhadap suatu brand.
Pertama,
melakukan promosi yang digabungkan dengan komunikasi pemasaran yang sesuai
dengan segmen yang ingin dibidiknya. Salah satu caranya adalah menunjuk duta
merek atau brand ambassador yang sesuai dengan definisi citra yang ingin
dibangun.
Kedua,
menunjukkan diferensiasi atau keunikan produknya. Jangan lupa, cek juga posisi
pesaing, apakah produk Kawasaki bisa unggul di satu hal dibandingkan dengan
pesaingnya.
Cukup
sekian laporan yang kami buat, jika anda memiliki saran atau kritik yang
membangun silahkan untuk menulis disini.
B. Saran/Kritik
BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.
ReplyDeleteDeposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..
sabung ayam online
sajian link bolavita terbaru
1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita
-Bonus 10% untuk Member Baru
-Bonus Referal 10%
-Bonus CashBack Hingga 10%
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Line : bolavita
WA : +6281377055002
BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA